Home Uncategorized 181 Tahun Sumampir, Merah Darahku Hijau Kampungku

181 Tahun Sumampir, Merah Darahku Hijau Kampungku

Tumpeng Tasyakuran HUT Desa Sumampir ke 181 (Foto: Cahyo Prihantoro)

Pena Desa – Sumampir, Taman Proklim yang biasanya sepi, semalam tampak ramai. Ratusan warga baik orang tua, remaja maupun anak-anak memenuhi taman yang berada di Desa Sumampir, Rembang Purbalingga guna menghadiri tasyakutan HUT Desa Sumampir yang ke-181 (27/9).

Tasyakuran mengusung tema Merah Darahku Hijau Kampungku yang bermakna Semangat warga yang Membara dan Pro Lingkungan ini diisi dengan berbagai acara, seperti nonton bareng Film-film dari CLC Purbalingga dan beberapa film karya sineas Sumampir, berdoa bersama, dan makan tumpeng bersama.

“inti acara ini sebenarnya kumpul bareng sapa bae, ndonga bareng sateyenge, mangan bareng seanane untuk kesejahteraan Desa Sumampir,” ungkap Budi Nedyo, salah satu penggagas acara.

Warga Berebut Tumpeng (foto : Cahyo Prihantoro)

Puncak dari acara tasyakuran ini ditandai dengan pemotongan tumpeng yang berjumlah 18 untuk tumpeng kecil, dan 1 tumpeng raksasa yang semuanya berasal dari sumbangan warga Desa Sumampir. Jumlah tersebut menunjukan usia Desa sumampir yang ke 181 tahun.

Suasana Proklim (27/9) (foto : Cahyo Priohantoro)

Warga menyambut acara ini dengan suka cita. Tak hanya dukungan moril saja, mereka juga ikut menyiapkan segala keperluan acara secara swadaya.

“bagus sekali, dan untuk tahun depan wajib lebih meriah lagi. Tidak hanya gagasan dari anak muda saja, tetapi juga dukungan dari semua pihak demi meriahnya dan sejahteranya Desa Sumampir tercinta ini,” ungkap Farid Rahmah, salah warga setempat.

Ina Farida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *