Home Ekonomi Pakis Krispi, Si Kriuk Dari Desa Seribu Curug.

Pakis Krispi, Si Kriuk Dari Desa Seribu Curug.

Menikmati Renyahnya Pakis Krispi

Purbalingga, Penadesa – Menikmati hujan di sore hari tak lengkap rasanya jika hanya ditemani secangkir teh hangat saja. Akan lebih nikmat jika ditemani dengan pakis krispi yang akan memceriakan suasana.

Pakis  (Diplazium esculentum), tumbuhan tropis yang habitatnya di hutan dan di daerah yang lembab dengan segudang manfaat bagi kesehatan ini pada umumnya hanya diolah menjadi sayur-mayur saja, akan tetapi ditangan Bariyah, warga Dusun Pucung Rumbak, Desa Tanalum, Rembang Purbalingga tumbuhan ini diolah menjadi camilan unik yang membuat candu.

“Saya tidak pernah suka sama yang namanya pakis, kalau ibu masak pakis tidak pernah saya makan. Ngeliatnya aja udah gimana gitu, tapi nyobain yang krispi ini beda, kaya makan ikan air tawar kecil-kecil, enak, gurih,” ungkap Afita Sari (10/4).

“ini udah mau habis satu bungkus,” Imbuhnya sembari menghabiskan sisa-sisa pakis krispi.

Pakis Krispi

Bahan baku yang melimpah menjadikan peluang usaha bagi warga setempat untuk mengembangkannya menjadi produk unggulan agar bisa ikut serta mendukung potensi wisata yang ada di Desa Tanalum.

“Awal ide dari teman-teman Pokdarwis dibantu adik-adik KKN, pakis disini kan mudah sekali mendapatkannya dan belum ada yang mengolah menjadi produk yang lain. Selama ini Cuma jadi sayur saja. Dari hal tersebut kami berusaha untuk mengolahnya. Setelah beberapa kali percobaan akhirnya jadilah Pakis Krispi ini,” terang Bariyah,

“Dengan ini kami berharap nilai jual pakis akan meningkat, selain itu bisa menjadi oleh-oleh khas dari Desa Wisata Tanalum ini,” imbuh ibu dua orang anak ini.

Untuk membuat pakis krispi hanya dibutuhkan pakis yang sudah di iris tipis-tipis kemudian di rebus lalu digoereng. Dengan sedikit ketelatenan akhirnya jadilah pakis krispi. Ada berbagai varian rasa yang bisa dinikmati penggemar pakis krispi ini, seperti jagung manis, sapi banggang, balado dan lain sebagainya.

Ina Farida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *