Home Wisata Kebun Raya Soedirman digadang-gadang Jadi Kebun Raya ke-8 di Indonesia

Kebun Raya Soedirman digadang-gadang Jadi Kebun Raya ke-8 di Indonesia

Pengunjung sedang menikmati keindahan dan Keasrian Kebun Raya Soedirman

Pena Desa – Purbalingga, rutinitas harian dan banyaknya beban pikiran kadang membuat jenuh dan stres sehingga membutuhkan waktu tersendiri untuk menyegarkan dan menumbuhkan semangat menghadapi hari esok. Kebun Raya Soedirman bisa menjadi salah satu alternativ untuk merefreshkan sejenak beban yang menumpuk di otak kita.

Duduk-duduk santai dibawah pohon pinus sembari ngopi dan menikmati kesegaran alam yang masih sangat asri akan membuat pikiran menjadi adem, tenang, dan menenangkan. Mungkin banyak yang belum tahu tentang Kebun Raya Soedirman ini, kebun seluas 46 H ini berada di Desa Gunung Wuled. Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga.

Selain sebagai tempat rekreasi, di tempat ini juga bisa dijadikan sebagai sarana edukasi, penelitian, konservasi, dan lainnya sehingga sangat memungkinkan untuk dikembangkan menjadi Kebun Raya Ke-8 di Indonesia.

“Beberapa waktu yang lalu sudah ada 4 orang dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) yang berkunjung kesini, sudah melihat-lihat keadaan disini, dan hasilnya Kebun Raya Soedirman ini bisa dijadikan Kebun Raya seperti yang ada di Bogor, Cibodas, Purwodadi, Eka Karya Bali, Bukit Sari, Baturaden, dan Balikpapan. Tinggal pembenahan dan semoga cepat ada tindak lanjut agar segera terealisasi,“ terang, Bambang Sutriyono, ketua LMDH Usaha Mukti Desa Gunung Wuled, (17/03).

Keasrian Kebun Raya Soedirman

Di kebun raya yang mengambil nama dari Panglima Besar Jenderal Soedirman ini juga tersedia taman-taman tematik yang semua namanya juga berasal dari keluarga Jenderal Soedirman, seperti taman cinta Siti Alifah, taman lembah Bunda Siyem, air mancur Panglima, dan lain sebagainya. Selain itu juga terdapat beberapa curug-curug kecil di sekitar kebun raya. Yang kesegaran airnya menambah kesejukan saat memandangnya.

“Tempatnya adem, jauh dari keramaian, cocok untuk menenangkan pikiran dan paling penting untuk saat ini itu bagus untuk berfoto-foto,” ungkap Yayu Marisyafani saat berkunjung bersama murid-muridnya.

Untuk menikmati keindahan alam Kebun Raya Soedirman, pengunjung akan dikenakan sumbangan sebesar Rp.5000 untuk membantu pengembangan. Sedangkan untuk mencapai lokasi ini, para pengunjung bisa menempuh dengan 3pilihan rute :
1. Kota Purbalingga – MTL Jenderal Soedirman – pertigaan Desa Losari – dukuh balong – Dukuh Pucung Rumbak (Desa Tanalum) – Dukuh Bawahan (Desa Gunung Wuled) – Kebun Raya Soedirman.
2. Kota Purbalingga – MTL Jenderal Soedirman – pertigaan Desa Sumampir – Dukuh Pucung Rumbak (Desa Tanalum) – Dukuh Bawahan (Desa Gunung Wuled) – Kebun Raya Soedirman.
3. Kota Bobotsari – MTL Jenderal Soedirman – pertigaan Desa Sumampir – Dukuh Pucung Rumbak (Desa Tanalum) – Dukuh Bawahan (Desa Gunung Wuled) – Kebun Raya Soedirman.

Ina Farida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *