Home Kegiatan Lari Marathon Tandu Jenderal Soedirman Meriahkan Festival Jenderal Soedirman 2018

Lari Marathon Tandu Jenderal Soedirman Meriahkan Festival Jenderal Soedirman 2018

Peserta sedang lari sembari membawa tandu (Foto : Coki Hermawan)

Pena Desa – Rembang, untuk meramaikan dan memeriahkan rangkaian acara Festival Jenderal Soedirman dalam rangka memperingati kelahiran Jenderal Soedirman yang ke-102 yang jatuh pada tanggal 24 januari 2018, Kodim 0702 Purbalingga dan Pemerintah Kabupaten Purbalingga, kembali menggelar Lomba lari marathon tandu Jenderal Soedirman, Sabtu (27/1).

Lomba marathon sambil membawa tandu ini menggambarkan perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam melawan penjajah demi kemerdekaan Bangsa Indonesia. Lomba unik ini di ikuti oleh 1400 orang peserta dari berbagai lapisan masyarakat, pemerintah desa, institusi pendidikan dan TNI POLRI se-Karesidenan Banyumas. Setiap kelompok terdiri dari empat orang peserta yang lari sembari membawa tandu. Tandu yang mereka pikul dihias sedemikian rupa dan ada pula yang diberi patung menyerupai sang Jenderal.

Peserta lomba lari marathon tandu ini harus menempuh jarak 5Km dengan medan yang naik turun.
“Untuk start dimulai di depan Kantor Kecamatan Rembang, kemudian melalui Desa Losari dan Desa Sumampir, muter melalui Dusun Tempur Sari Desa Bodaskarangjati dan finis di Monumen Tempat Lahir Jenderal Soedirman,” ungkap Serma Ayono, Bati tuud Koramil 13 Rembang, sewaktu mengamankan acara.

“Pemilihan rute ini untuk mengenang tempat lahir sang Jenderal Besar di Dusun Tempur Sari Desa Bodas Karang jati ini,” imbuhnya.

Meskipun lelah dan harus menempuh jarak yang lumayan jauh dengan kondisi geografis yang tidak rata serta beban tandu yang dipikul, tidak menyurutkan semangat para peserta.

“Tetap semangat, dan tiap lomba ini diadakan selalu ikut berpartisipasi, mungkin ini belum seberapa disbanding perjuangan Jenderal Soedirman dahulu,” ungkap Rasmo, peserta dari Desa Sumampir.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh peserta lain,

“Capai sekali, tetapi senang karena bisa ikut berpartisipasi memeriahkan acara ini, dan rasa kecintaan saya pada Jenderal Soedirman semakin besar,” ungkap Imam Hidayat, peserta dari Desa Tanalum.

Pemenang lomba marathon ini dibagi menjadi dua katogeri. Untuk umum dan TNI POLRI. Untuk umum, juara 1 dimenangkan oleh PASI PBG, juara 2 SMK 3 Purbalingga, juara harapan 1 SMK N 1 PBG, harapan 2 2, dan harapan 3 oleh Desa Kedung Wuluh. Sedangkan untuk TNI POLRI, juara 1 dimenangkan oleh Yonif 406, juara 2 yonif 406, juara 3 yonif 406, harapan 1 Arhanud, harapan 2 407, dan harapan 3 Yonif 412.

Dengan acara ini diharpankan dapat semakin meningkatkan rasa patriotism masyarakat untuk membela tanah air seperti yang dilakukan oleh Jenderal Soedirman, dan tempat kelahiran Sang Jendral bisa dikenal diseluruh penjuru tanah air.

Ina Farida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *