Home Uncategorized Kirab Grebeg Sura Maqom Syeh Makhdum Husein Meriahkan Tahun Baru 1439H

Kirab Grebeg Sura Maqom Syeh Makhdum Husein Meriahkan Tahun Baru 1439H

Warga Berebut Tumpeng Selesai Kirab

Pena Desa – Ratusan warga dari berbagai lapisan masyarakat berduyun-duyun meramaikan kirab grebeg syura yang di adakan di Desa Rajawana, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, minggu (1/9).

Kirab yang diadakan guna memperingati datangnya tahun baru islam yang ke 1439 H ini, dimulai dari depan Balai Desa Rajawana menuju maqom Syekh Makhdum Husain. Puluhan tumpeng yang dibuat swadaya oleh warga, ikut meramaikan kirab yang diadakan untuk kedua kalinya ini.

“Ini merupakan kirab kedua yang kami adakan, tetapi baru kali ini di ikuti oleh semua lapisan masyarakat “ungkap Sahrun, Ketua Panitia Kirab.

“Selain untu memperingati tahun baru islam, acara ini juga untuk melestarikan budaya yang ada di Bumi Cahyana (Desa Rajawana, Pekiringan, Tajug, Makam, dan Grantung) dan untuk menjaga keberadaan cagar budaya sang penyebar agama islam di Bumi Cahyana ini”, imbuh Sahrun.

Syeh Makhdum Husein sendiri merupakan cucu dari Syeh Jambu Karang dari Rubiyah Bekti dengan Pangeran Atas Angin, Pengeran Makhdum Husen menggantikan ayah dan kakeknya memimpin Bumi Cahyana. Maqom yang ada di Desa Rajawana ini masuk dalam cagar budaya sejak tahun 2010.

Sumur Pinanggung

Selain  maqom Syeh Makhdum Husein, ditempat ini juga ada beberapa situs peninggalan jaman dahulu, seperti batu (watu) gendong dan sumur pinanggung.

Batu Gendong

“Semoga dengan adanya acara ini, kedepannya ada perhatian lebih baik dari masyarakat maupun dinas terkait dengan pengembangan dan pelestarian cagar budaya ini,” ungkap Anam Riyanto, Juru kunci Maqom Syeh Makhdum Husein.

Ina Farida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *