Home Kegiatan Semangat Warga jadikan Desa Sumampir Pemenang Kampung Hijau Purbalingga

Semangat Warga jadikan Desa Sumampir Pemenang Kampung Hijau Purbalingga

Tim Penilai sedang berkeliling Desa Sumampir
Tim Penilai sedang berkeliling Desa Sumampir

Pena Desa – Desa Sumampir Rembang Purbalingga memenangkan juara pertama dalam pelaksanaan lomba program kampung hijau ( kampung iklim) 2016 tingkat Kabupaten Purbalingga.

Desa Sumampir, khususnya Kadus III berhasil memenangkan perlombaan karena keberhasilannya menata lingkungannya, baik dari segi penghijauan, keteduhan, irigasi, pengolahan dan pengelolaan sampah, serta semangat warganya untuk mewujudkan kampung yang bersih dan sejuk dipandang.

“Selain lingkungan yang hijau, teduh, irigasi yang lancar dan bebas sampah, lingkungan yang bersih serta pengelolaan sampah yang baik, semangat masyarakat untuk ikut serta menata dan mengelola lingkungan juga menjadi poin yang penting dalam penilaian lomba ini,” ungkap Mahmulasih Widiastuti, Sekertaris Tim Penilai Lomba Kampung Hijau Purbalingga.

“dan semangat warga Desa Sumampir sudah lumayan bagus tinggal terus dikembangkan agar lebih baik lagi kedepannya,” imbuhnya.

Perlombaan yang rutin digelar oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Purbalingga ini bertujuan untuk mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat terhadap lingkungan sehingga akan mengurangi efek gas rumah kaca yang merusak lingkungan.

Penghargaan diberikan pada Rabu malam (31/8), bersamaan dengan acara hiburan rakyat dalam rangka HUT RI ke-71 di Gor Goentor Darjono Purbalingga. Untuk Juara 2 di peroleh Desa Limbasari, Juara 3 Kelurahan Bojong, sedangkan untuk juara harapan 1 dan 2 diperoleh Desa Lamuk dan Kelurahan Purbalingga Lor.

Pemanfaatan sisi jalan disekitar rumah warga untuk menanam sayur mayu
Pemanfaatan sisi jalan disekitar rumah warga untuk menanam sayur mayu

“Senang sekali dan tidak menyangka bisa menjadi Juara Pertama,” Ungkap Dinka Rizky Mahanggi, Warga Desa Sumampir.

“Semoga kedepan seluruh warga Desa Sumampir bisa saling bekerjasama mewujudkan desa yang hijau, bersih, aman dan nyaman serta sehat. Nanti jadi bakal makin betah hidup di Sumampi tercinta ini,” imbuh cewe berhijab ini.

“Dengan kemenangan ini semoga warga semakin termotifasi untuk menciptakan kampung yang hijau, sejuk, sehat, dan menyenangkan,” ungkap Galih Prabowo, Kadus III Desa Sumampir.

Ina Farida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *