Home Kegiatan Semarak 17 Agustus di Sumampir

Semarak 17 Agustus di Sumampir

Masyarakat Sedang mengikuti Lomba Estafet Jengkok di RT 07/03 Desa Sumampir, Rembang Purbalingga (Foto: Nurry)
Masyarakat Sedang mengikuti Lomba Estafet Jengkok di RT 07/03 Desa Sumampir, Rembang Purbalingga (Foto : Nurry)

Pena Desa – Kemeriahan perayaan HUT RI ke 71 tidak hanya tampak di kota-kota besar saja. Kemeriahan perayaan 17 Agustus juga tampak dibeberapa sudut di Desa Sumampir dan sekitarnya, Rabu (17/8).

Antusiasme warga untuk menyambut dan meramaikan hari kemerdekaan masih sangat terasa. Berbagai kegiatan dan perlombaan turut serta meramaikan hari kemerdekaan bangsa Indonesia tahun ini.

“Setiap tahunnya kami selalu berupaya agar hari bersejarah bagi bangsa ini selalu ramai dan berkesan. Berbagai kegiatan dari upacara bendera, hingga aneka perlombaan kami adakan disini” ungkap Nuri Hidayat, warga RT 07/3 Desa Sumampir.

Mekipun dana yang digunakan terbilang terbatas, karena hanya didapat dari swadaya masyarakat sekitar, tak sedikitpun mengurangi minat mereka untuk turut meramaikan hari kemerdekaan. Berbagai macam perlombaan seperti lomba pocong gp, estafet jengkok, munggu tampah, lomba karaoke, bola dengan sarung, dan berbagai lomba lainnya mereka ikuti dengan sangat antusias.

“Yang penting masyarakat senang, dan terhibur. Kasihan tidak ada kegiatan dari desa, warga jadi kurang hiburan,” imbuh bapak dua anak ini.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh masyarakat di gang lainnya,

“Untuk seru-suruan saja, biar tujuhbelasannya ramai,” ungkap Ika Setiawati, ibu muda yang baru saja selesai mengikuti lomba bola sarung di Rt 02/02 Desa Sumampir ini.

Upacara Bendera di Curug Kali Karang

Upacara Pengibaran Sang Merah Putih di Curug Kali Karang (Foto ; Al Fatah)
Upacara Pengibaran Sang Merah Putih di Curug Kali Karang (Foto : Al Fatah)

Hal yang sangat berbeda juga tampak di lokasi wisata Curug Kali Karang pagi tadi. Jika biasanya warga datang kecurug untuk berwisata, kali ini mereka berkunjung untuk mengadakan upacara pengibaran bendera sang Merah Putih.

Upacara yang diikuti oleh siswa dari SD 3 Sumampir, SD 4 Sumampir, SD 3 Tanalum, SMK N 1 Rembang, Pokdarwis Argo Lestari Desa Tanalum, serta Pengelola Curug Kali karang ini berjalan lancar meskipun berada di sekitar aliran curug.

“Karena kami berfikir untuk upacara bendera di lapangan sudah terlalu mainstream jadi kami berinisiatif mengadakan upacara disini. Dan alhamdulillah masyarakat sangat antusias untuk mengikuti,” ungkap Fatah, ketua Pokdarwis Argo Lestari Desa Wisata Tanalum ini.

Ina Farida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *