Home Ekonomi Dinas Koperasi dan UMKM Jateng Gelar Workshop Penguatan Kelembagaan

Dinas Koperasi dan UMKM Jateng Gelar Workshop Penguatan Kelembagaan

Para Peserta Sedang Melakukan Praktek Langsung di Rumah Ketela Magelang
Para Peserta Sedang Melakukan Praktek Langsung di Rumah Ketela Magelang

Pena Desa – Untuk membuka wawasan dan mendorong pemberdayaan UMKM yang kreatif dan berprestasi, Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah menggelar Workshop Penguatan Kelembagaan Perkoperasian di Aula Gapensi Purbalingga dan dilanjutkan dengan Praktek Kerja Lapangan di KSU Karika Wonosobo, Rumah Ketela Magelang, dan Pusat Jamur Magelang, (18-21).

“Workshop ini bertujuan untuk membuka wawasan kelompok wanita produktif yang tadinya tidak tergabung dalam koperasi diharapkan nantinya akan membentuk Koperasi yang berbadan hukum sehingga akan lebih mudah dalam mengakses pembiayaan,”Kata Anung, Staf Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi dan UMKM Jateng.

“Sedangkan dari segi usaha, dengan adanya study banding ini akan membuka wawasan baru sehingga mereka akan lebih berkembang,” imbuhnya.

Workhsop ini diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari pengurus koperasi, pra koperasi dan para pelaku UMKM dari berbagai jenis industri yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Kegiatan ini mendapat tanggapan yang positif baik dari peserta maupun dari pihak yang menjadi lokasi study banding.

“Kegiatan ini bermanfaat sekali bagi kami, jadi punya gambaran untuk mengembangkan dan memperbaiki usaha kami, banyak ilmu yang didapat dalam empat hari ini” ungkap Yelvia, salah satu peserta dari Desa Patemon.

Ditempat yang sama, Ali M, Kasie Bidang Usaha d Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Magelang menanggapi positif kegiatan study banding atau kerja lapangan ini.

“Para peserta sangat antusias dalam setiap kunjungan, terlihat dari interkasi terhadap penjelasan yang diberikan. Semogga nantinya komunikasi mereka akan terus berlanjut sehingga mereka bisa tetap bekerja sama dalam memasarakan dan mengembangkan usaha mereka,” ungkapnya.

Ina Farida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *