Home Uncategorized Berbagi Setetes Darah bersama IRMAN Sumampir

Berbagi Setetes Darah bersama IRMAN Sumampir

2014-03-31 10.19.04 Pengambilan Darah dari Pendonor

Sumampir, Pena Desa. Darah merupakan salah satu komponen dalam tubuh yang sangat penting bagi kelangsungan hidup, mengingat fungsinya sebagai alat transportasi dalam tubuh. Bayangkan apa akibatnya ketika alat transportasi kita rusak, tentu aktifitas kitapun akan terganggu bukan. Karena seringnya menjumpai kasus tentang kurangnya persedian kantong darah baik di Rumah Sakit maupun di PMI maka sejak tahun 2010 pemuda-pemudi Desa Sumampir yang tergabung dalam Ikatan Remaja Masjid Nurul Iman Sumampir atau yang biasa disebut dengan IRMAN bekerjasama dengan PMI Kabupaten Purbalingga sepakat mengadakan kegiatan donor darah rutin yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.

IRMAN sendiri merupakan organisasi kepemudaan di bawah naungan Tamirul Masjid Nurul Iman Desa Sumampir Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga yang bergerak sebagai pemantau dan penggerak remaja-remaji masjid, yang diharapkan bisa meningkatkan rasa keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan bermanfaat bagi masyarakat.
“Dalam kegiatan donor darah bulan ini, kami mengusung tema Merah Darahmu Putih Hatimu dengan tujuan untuk menambah kesadaran masyarakat untuk berbagi walaupun Cuma setetes darah” ungkap Mugi (22) selaku koordinator kegiatan.
Disela-sela kesibukannya menerima pendaftaran masyarakat yang ingin ikut mendonorkan darah, Mugi menambahkan manfaat yang diperoleh dengan mendonorkan darah.
“selain membantu orang lain, dengan mendonorkan darah secara teratur juga akan membuat badan kita lebih sehat dan segar. Alhamdulillah juga respon masyarakat cukup bagus, banyak yang mendaftar, bahkan ada juga yang berasal dari Desa sebelah”demikian ungkapnya.Kegiatan donor darah ini dilakukan pada hari Senin, 31 Maret 2014 dimulai pukul 08.30 – 12.00 WIB di lantai dasar masjid Nurul Iman desa Sumampir. Tampak beberapa warga yang antri untuk memberikan darah mereka, ada juga yang sedang di periksa oleh petugas dari PMI.

2014-03-31 10.05.37Pendaftaran Calon Pendonor

Aris Sudarmanto (42), salah seorang pendonor terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. Di damping dua putranya yang masih kecil di kursi antrian pendonor, dia mengatakan kegiatan ini sangat positif dan sangat mendukung.
“Kegiatan ini sangat positif dan saya berharap untuk terus di adakan serta sosialisasi donor darah nya lebih di tingkatkan agar masyarakat tidak takut untuk mendonorkan darahnya” ungkapnya.
Dari petugas PMI sendiri merespon positif kegiatan donor darah ini seperti yang di ungkapkan oleh Kukuh, petugas dari PMI Cabang Purbalingga “kegiatan ini sangat membantu PMI,dalam memenuhi kurangnya pasokan kantong darah ke PMI”
“Dari semua yang mendaftar, tidak semuanya dapat mendonorkan darah mereka. Ada beberapa syarat yang tidak terpenuhi, misalnya tekanan darah serta berat badan” imbuh Kukuh.
(Ina Farida)

4 Comments

  1. Samsul Ma'arif

    4 April 2014 at 09:02

    Akhirnya kutemukan penggunaan “remaja-remaji” di sini… 😛

    • sumampir

      4 April 2014 at 10:33

      hehehe emang langka ya sing nganggo kata kue?

      • Samsul Ma'arif

        4 April 2014 at 12:54

        hehehe, iya jarang mba bu… 😀

        • sumampir

          5 April 2014 at 04:55

          mari budayakan lagi pakmas…:D